Kondiloma akuminata pada kehamilan

Kondiloma akuminata pada kehamilan – Kondiloma merupakan jenis infeksi menular seksual (IMS). Kondiloma biasanya akan muncul sebagai pertumbuhan berdaging dalam jaringan lembab dari alat kelamin baik pada pria dan wanita, meskipun banyak orang tidak pernah mengalami gejala apapun.

Kondiloma akuminata pada ibu hamil

Kondiloma akuminata disebabkan oleh strain tertentu dari human papillomavirus (HPV). HPV merupakan yang paling umum dari semua IMS. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan bahwa 79 juta orang indonesia saat ini terinfeksi HPV. Data mereka menunjukkan mayoritas orang dewasa yang aktif secara seksual akan terinfeksi oleh itu di beberapa titik dalam hidup mereka. Ini sedikit lebih umum pada wanita dibandingkan pria.

Tidak semua infeksi HPV menyebabkan Kondiloma akuminata, meskipun. Beberapa strain tidak menimbulkan gejala sama sekali, sementara yang lain dapat menyebabkan kanker pada pria dan wanita. Secara khusus, HPV menyebabkan sebagian besar kasus kanker serviks di Indonesia. Inilah sebabnya mengapa wanita sangat dianjurkan untuk mendapatkan pap smear rutin, yang memeriksa tanda-tanda kanker serviks dan HPV.

Sekarang ada vaksin yang tersedia untuk sebagian besar strain HPV yang menyebabkan Kondiloma akuminata dan kanker. Vaksin ini paling efektif bila diberikan sebelum seseorang menjadi aktif secara seksual dan dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan.

Apakah Kondiloma akuminata mempengaruhi kehamilan ?

Jika Anda memiliki riwayat HPV, Anda harus memberitahu penyedia perawatan kehamilan Anda. Anda juga harus menentukan apakah Anda memiliki kondiloma akuminata atau Pap smear yang abnormal di masa lalu. Sementara HPV biasanya tidak mempengaruhi Anda atau anak yang belum lahir Anda, dokter Anda akan ingin memeriksa setiap kelainan selama kehamilan Anda.

Baca Juga  Bahaya kutil di vagina dan penis menjalar

Karena begitu banyak sel tumbuh dan berkembang biak selama kehamilan, dokter akan ingin menonton keluar untuk setiap pertumbuhan yang tidak biasa atau perubahan lainnya. Selain itu, beberapa wanita mengalami kondiloma akuminata lebih besar dari biasanya ketika mereka hamil. Jika Anda tidak tahu apakah Anda memiliki HPV, yakinlah bahwa dokter akan melakukan Pap smear sebagai bagian dari perawatan prenatal Anda.

Adakah komplikasi kondiloma akuminata selama kehamilan ?

Biasanya, kondiloma akuminata tidak akan mempengaruhi kehamilan Anda. Ada beberapa kasus di mana komplikasi bisa timbul.

Jika Anda memiliki infeksi genital warts aktif selama kehamilan, kondiloma akuminata dapat tumbuh lebih besar dari mereka akan biasanya. Bagi beberapa wanita, ini bisa membuat kencing yang menyakitkan. kondiloma akuminata besar juga dapat menyebabkan perdarahan saat persalinan. Kadang-kadang, kondiloma akuminata pada dinding vagina dapat membuat sulit untuk vagina Anda untuk meregangkan cukup saat melahirkan. Dalam kasus ini, sebuah sesar mungkin disarankan.

Sangat jarang, kondiloma akuminata dapat ditularkan kepada bayi Anda. Dalam kasus ini, bayi Anda biasanya akan mengembangkan kondiloma akuminata di mulut atau tenggorokan beberapa minggu setelah lahir. Hal ini kemungkinan besar terjadi di kalangan ibu-ibu muda yang terinfeksi HPV pada akhir kehamilan mereka.

Strain HPV yang menyebabkan kondiloma akuminata belum terbukti meningkatkan risiko keguguran atau masalah dengan pengiriman. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa wanita dengan infeksi HPV risiko tinggi (atau, infeksi dengan strain HPV yang umumnya menyebabkan kanker serviks) dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan preeklamsia, yang merupakan komplikasi yang berpotensi berbahaya kehamilan. Wanita dengan HPV risiko tinggi juga lebih mungkin untuk melahirkan prematur.

Perawatan apa untukĀ ibu hamil ?

Tidak ada obat untuk kondiloma akuminata, tetapi ada obat yang tersedia yang dapat mengobati gejala. Tak satu pun dari mereka, bagaimanapun, telah dibersihkan untuk digunakan selama kehamilan. Jika Anda memiliki genital warts obat yang diresepkan sebelum Anda hamil, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakan mereka.

Baca Juga  Cara mengobati kutil kelamin secara alami

Anda tidak boleh mengobati kondiloma akuminata dengan over-the-counter atau dengan menggunakan obat kondiloma akuminata penghilang kondiloma akuminata. Perawatan ini tidak aman untuk digunakan pada alat kelamin dan dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi.

Jika Anda memiliki kondiloma akuminata besar yang dokter Anda yakin dapat mengganggu pengiriman, itu mungkin untuk memiliki mereka pembedahan. Hal ini dapat dilakukan dengan membekukan kondiloma akuminata dengan nitrogen cair, operasi excising mereka, atau menggunakan arus listrik untuk membakar mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*