Home / ARTIKEL SEPUTAR KUTIL KELAMIN / Penyebab kutil kelamin dan Pencegahannya

Penyebab kutil kelamin dan Pencegahannya

Penyebab kutil kelamin dan Pencegahannya

Kutil kelamin yaitu salah satu jenis infeksi menular seksual yang sering dianggap paling umum terjadi. Untuk kondisi ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Teridentifikasi lebih daru seratus jenis virus HPV, ternyata tidak semuanya menyebabkan kutil kelamin. Sebagian hanya 40 jenis yang ditularkan lewat kontak seksual. Sekitar 90 % kasus kutil kelamin disebabkan oleh HPV tipe 6 serta 11. Setelah masuk kedalam tubuh, virus HPV akan menetap didalam sel dan akan memperbanyak diri. Tidak hanya itu saja, virus ini akan keluar dengan sendirinya dari sel inang dan akan menyerang bagian sel yang sehat.

Seseorang akan tertular karena rentan terhadap kutil kelamin, biasanya akan ditunjang oleh bebrapa faktor resiko. Seperti melakukan seksual yang tidak sehat tanpa menggunakan pengaman, melakukan seksual dengan orang yang berbeda-beda, melakukan seks dengan orang yang tidak jelas riwayat hidupnya tidak diketahui, dan secara aktif seksual diusia remaja. Selain itu, kebanyakan orang lebih rentan terhadao kutil kelamin jika sebelumnya pernah mengalami terkena penyakit menular seksual.

Hubungan seksual dengan menggunakan pengaman akan dapat menjadi langkah minimal untuk melindungi kita dari kutil kelamin. meskipul alat kontrapsepsi tidak sepenuhnya melindungi dam menutupi semua kulit area genital.

Virus ini tidak bisa ditularkan melalui pelukan, ciuman maupun media tertentu, seperti alat makan, handuk, atau kertas toilet. Virus ini akan menularkan terhadap orang yang melakukan hubungan seksual kulit dengan kulit. hubungan seks anal, seks oral, seks vaginal dan seks toys. Meskipun tidak akan terjadi penetrasi seks, sentuhan antara kutil kelamin tetap akan beresiko tertular.

Walaupun sangat jarang terjadi, virus ini juga bisa menular ketika tangan Anda menyentuh area genital sendiri dan menyentuh genital pasangan Anda. Tidak hanya itu juga seorang ibu hamil juga bisa menularkan kepada bayinya selama proses persalinan. Kebanyakan dari mereka yang menganggap penyakit kutil kelamin tidak berbahaya.

Jangan sekali-kali Anda meremehkan penyakit kutil kelamin karena penyebab utama kanker serviks pada wanita. Penyebab kutil kelamin dan pencegahannya, merupakan salah satu alternatif jika Anda menderita gejala kutil kelamin maka segera lakukan pemeriksaan sebab kutil kelamin terkadang tidak memiliki gejala yang segnifikan.

Pencegahan Kutil Kelamin

Sebaiknya untuk Anda yang menderita kutil kelamin menahan keinginan untuk melakukan hubungan seksual, sebab merupakan cara terbaik untuk mencegah penularan kutil kelamin. Tatapi jika Anda tidak bisa melakukanya, terlebih Anda berada dalam usia yang aktif seksual, penggunaan alat kontrapsepsi atau kondom menjadi langkah awal untuk pencegahan penularan.

Terkadang tidak sepenuhnya akan efektif dalam melindungi Anda dari penyakit ini karena masih banyak bagian kulit yang dapat terpapar, setidaknya pemakaian alat pengangan akan bisa meminimaliskan resiko terkena kutil kelamin dan akan melindungi diri Anda dari penyakit kelamin lainnya. Selain menggunakan alat pengaman, Anda disarankan untuk tidak membagi seks toys yang kondisinya tidak steril.

Untuk cara yang selanjutnya mencegah kutil kelamin yaitu melalui memberian vaksi virus HPV penyebab kutil kelamin. Vaksin ini sebainya diberikan sebelum orang semakin aktif seksual agar hasilnya lebih baik. Anak laki-laki diberi vaksi sekitar umur 12 tahun, sedangkan untuk anak perempuan diusia yang menginjak 11 tahun.

Untuk penderita yang belum pernah mendapatkan vaksinasi HPV kutil kelamin diusia tersebut. Anda bisa menyusui dengan cepat, untuk yang sudah terlambat bisa dikasihkan vaksin sekitar umur 21-30 tahun, sedangkan untuk perempuan umur 26-35 tahun.

Efek samping dari vaksinasi HPV kutil kelamin, diantaranya :

Flu ringan, sakit kepala, pusing, demam ringan, nyeri dibagian yang disuntik. Menurut beberapa ahli medis pemberian vaksin HPV kutil kelamin diusia kurang dari 21-30 tahun bisa menurunkan resiko 50% terkena penyakit kutil kelamin.

Cara terakhir dengan menerapkan pola hidup yang sehat seperti makan-makanan yang mengadung serat tinggi buah-buahan dan sayuran. Berolahraga yang rutin setiap pagi hari untuk memperkuat kesehatan Anda supaya tidak terkena kutil kelamin. Jangan sering terlalu lelah sebab jika kondisi Anda lemah virus HPV akan masuk kedalam tubuh Anda.

Obat Kutil Kelamin Ampuh

About admin

Check Also

Nama salep kutil kelamin di apotik

Nama salep kutil kelamin di apotik – Ada beberapa salep kutil yang digunakan untuk mengobati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *